Jika anda melihat bentuk-bentuk wajah di sebuah obyek, anda mungkin terkena gangguan psikologis neurotik, begitulah menurut sebuah penelitian di NNT Communication Science Laboratory, Tokyo. 

Neurotik adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai kondisi yang melibatkan ketidakmampuan beradaptasi dengan lingkungan. Mereka akan menyalahkan pengaruh luar untuk setiap masalah yang berhubungan dengan perilaku mereka, termasuk orang lain.

Dalam penelitian di Jepang tersebut, peneliti memberikan dua tes psikologi kepada 166 mahasiswa yang menilai ciri-ciri kepribadian dan suasana emosionalnya. Peneliti memberikan pada tiap peserta sebuah pola yang sama dari sekumpulan titik-titik acak dan meminta untuk merinci dan menggambar bentuk apapun yang mereka lihat dari pola tersebut.

Mereka yang dinilai lebih tinggi untuk gejala neurotik pada tes psikologi tersebut, lebih mungkin untuk melihat bentuk-bentuk wajah, tanaman dan hewan di pola tersebut. Dari hasil tersebut, wanita lebih mungkin untuk melihat pola obyek tersebut dibandingkan pria. 

Pada gambar diatas, adalah contoh dari pareidolia yang berkaitan dengan neuritik. Pareidolia sendiri adalah fenomena psikologis dimana kita melihat pola tertentu dalam sebuah obyek. 

Dalam kaitannya dengan religius, pareidolia sering dikaitkan dengan penampakan wajah Yesus, Bunda Maria atau lafadz Allah pada obyek seperti kayu, roti, kain, batu, tanaman dan sebagainya (lihat tiga gambar terbawah).

Hal itu juga yang membuat mengapa awan terkadang bisa berbentuk wajah manusia atau suatu makhluk hidup. Karena cara kerja otak kita, yang cenderung membandingkan apa yang kita lihat dengan obyek yang kita ketahui sebelumnya.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya