Kita tahu bahwa rutinitas yang baik dapat menjaga kesehatan badan. Tapi apa lagi yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung? Dari berbagai artikel yang saya baca di issuu.com, saya rangkum 4 hal yang direkomendasikan untuk membantu jantung Anda tetap sehat dan terawat. Jadikan hal-hal di bawah ini sebagai kebiasaan Anda sehari-hari.

1. Konsumsi lemak yang benar

Kita memerlukan lemak dalam makanan kita, termasuk lemak jenuh dan tak jenuh. Satu lemak yang perlu kita hindari adalah lemak trans atau dalam istilah luar negeri disebut Trans Fat. Lemak ini diketahui meningkatkan risiko terkena penyakit jantung atau terserang stroke seumur hidup.

Lemak Trans adalah jenis lemak tak jenuh yang biasa terjadi dalam jumlah kecil, tetapi sekarang menjadi banyak diproduksi secara industri, menurut Wikipedia lemak ini diproduksi mulai tahun 1950-an untuk digunakan dalam margarin, camilan, paket makanan yang dipanggang, dan untuk menggoreng makanan cepat saji untuk menambah rasa gurih dan tekstur.

Hasil penelitian BMJ menunjukkan bahwa mengonsumsi lemak trans buatan manusia mengakibatkan 34 persen dalam kematian umum, 28 persen kematian akibat penyakit jantung dan 21 persen peningkatan risiko penyakit jantung saja. Ini karena lemak trans menyumbat saluran arteri Anda dengan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

2. Tidak begadang

Tidur adalah siklus penting dalam kehidupan Kita. Mendapatkan cukup tidur menjaga kesehatan jantung Anda. Jika Anda kurang tidur, Anda mungkin berisiko lebih tinggi terkena penyakit Kardiovaskular (Pembekuan Pembuluh Darah Jantung). Penyakit ini tidak memandang berapa pun usia Anda.

Satu studi yang mengamati 3.000 orang dewasa berusia di atas 45 tahun menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari enam jam per malam memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk terserang stroke atau serangan jantung dibandingkan dengan orang yang tidur enam hingga delapan jam setiap malam. Para peneliti percaya bahwa tidur terlalu sedikit menyebabkan gangguan pada kondisi kesehatan yang mendasar dan proses biologis, termasuk tekanan darah dan peradangan.

3. Tidak duduk terlalu lama

Pada tahun 2015, sebuah jurnal kesehatan yang dipublikasikan dalam web annals.org menunjukkan bahwa duduk untuk waktu yang lama tidak baik untuk kesehatan Anda, tidak peduli berapa banyak olahraga yang Kita lakukan. Ini menjadi berita buruk bagi banyak orang yang bekerja di balik meja. Ketika melihat hasil gabungan dari beberapa penelitian observasional yang mencakup hampir 800.000 sampel, para peneliti menemukan bahwa pada mereka yang paling banyak duduk, ada peningkatan 147 persen terkait peristiwa penyakit jantung dan peningkatan 90 persen kematian yang disebabkan oleh kebiasaan ini.

4. Hindari Asap Rokok

Studi pada organisasi nonsmokersrights.org menunjukkan bahwa risiko terkena penyakit jantung adalah sekitar 25 hingga 30 persen lebih tinggi bagi orang-orang yang terkena asap rokok di rumah atau di kantor. Menurut American Heart Association, paparan asap tembakau berkontribusi terhadap sekitar 34.000 kematian akibat penyakit jantung dini dan 7.300 kematian akibat kanker paru-paru setiap tahun. Ini karena bahan kimia yang dihempaskan asap rokok menjadikan pengembangan penumpukan plak di saluran arteri.

0Komentar

Sebelumnya Ini adalah postingan terakhir